Minggu, 27 April 2014

1. Personal
Merupakan pilar yang paling penting. Personal sebagai seorang individu yang berkualitas ada 3 langkah :

a. Sense of Self (SOS)
kepekaan terhadap diri sendiri, tahapan pertama yang dimiliki manusia, apabila manusia memiliki kepekaan dia tahu harus bagaimana bersikap (Tahu Diri) tau benar dan salah.

b. Personal Master (PM)
Seorang Pribadi yang punya prinsip menjadi dirinya seutuhnya, tidak mudah terombang-ambing. seseorang yang punya hati nurani. seseorang yang punya pedoman kepada Tuhan YME.

c. Personal Power (PP)
Kharisma, Kewibawaan yang merupakan anugerah dari Tuhan yang nantinya membawa kebijaksanaan yang membuat orang-orang tertarik sehingga menjadi pengikutnya.

2. System Thinking Skill
Sistem harus dibangun dengan orang yang baik dan tahu diri. apabila sistem dibangun dengan orang yang tidak baik maka sistem yang akan dibuatpun akan menjadi buruk atau mudah diakali.

3. Strategy Thinking Skill
Apabila sistem berjalan dengan bagus maka strategipun akan menjadi bagus.

4. Relation Thinking Skill
Ketika relasi apapun yang anda miliki maka menjadi seseorang yang seutuhnya (menaati peraturan sebagai bentuk tanggung jawab).


Ketika kita berbicara etika profesi berarti kita bicara tentang komunikasi antara diri sendiri dengan orang lain. Apabila sadar diri dan menyadari potensi kita, kita akan dapat melampaui batas.
Sadar adanya etika membuat kita tidak berlaku seenaknya. dengan etika kita tidak akan melanggar peraturan menjadi manusia yang taat terhadap aturan.
Karena krisis percaya diri kita tidak dapat menjadi manusia yang unggul. Tuhan menciptakan manusia dengan sempurna dan Tuhan tidak akan memberikan cobaan melampai batas kemampuan manusia, maka bersyukurlah.
Apabila personal power muncul maka manusia tersebut akan menjadi manusia yang hebat. Menghargai diri sendiri merupakan etika kepada diri sendiri  dengan melakukan dan memberi yang terbaik. Ilmu etika profesi harus disertai dengan implementasi.

0 komentar:

Posting Komentar