Selasa, 17 September 2013


 Konsep OOP (dasar) ?
  - Class

  -> cetakan object

- Object

  -> instance object

- Instance variabel

  -> atribut object

- Method

  -> perilaku object

- Constructor

  -> inisialisasi object

Perbedaan Class dan Instance Variabel :
- Class                 : Bagian terkecil dari suatu program
- Instance Variabel : Wadah atau tempat penyimpanan suatu nilai

Contoh = 
Mobil a = new mobil ();
Keterangan : 
- Mobil : Class
- a      : Instance Variabel

Contoh 1 :
class persegi {
int Sisi;
publuc persegi (int sisi) {
this.sisi=sisi;
}
int luas(){
return sisi*sisi;
}

Contoh 2:
 
Buat class Mhs :
            - Instance variabel : npm, nama, ipk
            - Method : cetak 
 
class Mhs {

  private int npm;

  private String nama;

  private double ipk;


  public Mhs(int a, String b, double c){

  this.npm = a;

  this.nama = b;

  this.ipk = c;

  }

    public void cetak(){

      System.out.println(npm+", "+nama+", "+ipk);

    }

 }  

 Konsep OOP (dasar) ?

o Pengkapsulan

  - mengabungkan data dan prosedur dalam object

o Pewarisan

  - menambahkan fungsionalitas dengan membuat subclass baru

o Polimorfisme

  - “banyak bentuk”

  - mengijinkan pesan diinterpretasikan berbeda

  - overloading (signature berbeda : jumlah, urutan, tipe)

  - overriding (signature sama persis dengan milik class super)

 Abstract vs Concrete Class ?
o Abstract class

  - class yang menyimpan aspek generic dari sub class

  - tanpa implementasi

  - tidak memiliki body, body digantikan dengan (;)

o Concrete class

  - subclass dari abstract class

  - mengimplementasikan abstract class

Konsep ADBO  ?
 
o Use case driven

  - saat analisa memperhatikan use case

o Architecture centric

  - saat desain memperhatikan arsitektur fungsional, static, dynamic dari sistem

o Iterative & Incremental (berulang dan bertambah )

  - mudah untuk dipakai ulang ataupun diupgrade

 

 

 

 

 





 

0 komentar:

Posting Komentar