Konsep OOP (dasar) ?
- Class
-> cetakan object
- Object
-> instance object
- Instance variabel
-> atribut object
- Method
-> perilaku object
- Constructor
-> inisialisasi object
Perbedaan Class dan Instance Variabel :
- Class : Bagian terkecil dari suatu program
- Instance Variabel : Wadah atau tempat penyimpanan suatu nilai
Contoh =
Mobil a = new mobil ();
Keterangan :
- Mobil : Class
- a : Instance Variabel
Contoh 1 :
class persegi {
int Sisi;
publuc persegi (int sisi) {
this.sisi=sisi;
}
int luas(){
return sisi*sisi;
}
Contoh 2:
Buat
class Mhs :
- Instance variabel : npm, nama, ipk
- Method : cetak
class Mhs {
private
int npm;
private
String nama;
private
double ipk;
public
Mhs(int a,
String b, double c){
this.npm
= a;
this.nama = b;
this.ipk
= c;
}
public void cetak(){
System.out.println(npm+", "+nama+",
"+ipk);
}
}
Konsep OOP (dasar) ?
o Pengkapsulan
- mengabungkan data dan prosedur dalam object
o Pewarisan
- menambahkan fungsionalitas dengan membuat subclass baru
o Polimorfisme
- “banyak bentuk”
- mengijinkan pesan diinterpretasikan berbeda
- overloading (signature berbeda : jumlah, urutan, tipe)
- overriding (signature sama persis dengan milik class super)
Abstract vs Concrete Class ?
o Abstract class
- class yang menyimpan aspek generic dari sub class
- tanpa implementasi
- tidak memiliki body, body digantikan dengan (;)
o Concrete class
- subclass dari abstract class
- mengimplementasikan abstract class
Konsep ADBO ?
o Use case driven
- saat analisa memperhatikan use case
o Architecture centric
- saat desain memperhatikan arsitektur
fungsional, static, dynamic dari sistem
o Iterative & Incremental (berulang dan bertambah )
- mudah untuk dipakai ulang ataupun diupgrade
0 komentar:
Posting Komentar